Monday, January 23, 2012

Sholat adalah Tiang Agama


Sering kita pernah mendengar kata bahwa sholat adalah tiang agama. kenapa? apa alasannya?
Tamim Al-Daary memberitahukan, Rasulullah Saw bersabda :” Pertama kali (amal perbuatan yang) dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka apabila ia menyempurnakannya,
akan ditulis baginya yang sunnah. Lalu apabila ia belum menyempurnakannya, berfirmanlah Allah Yang Maha Suci kepada Malaikat-Nya : ” Lihatlah, apakah kamu mendapati pada hamba-Ku dari sholat sunnah?”. Maka sempurnakanlah apa-apa yang tercecer (hilang) dari sholat wajibnya dengan sholat-sholat sunnahnya itu. Selanjutnya amalan-amalan yang lain dihisap dengan cara seperti itu” (HR.Ibnu Majah)
Jadilah kamu orang yang bersemangat di dalam menunaikan sholat wajib tepat pada waktunya secara berjama’ah, maka apabila waktu sholat telah dekat, bersegeralah untuk berwudlu, dan janganlah boros dalam menggunakan air.
Apabila muadzin telah mengumandangkan adzan, maka menghadaplah kiblat, dan sholatlah qobliyah, lalu duduklah dengan tenang dan tentram sampai ditegakkannya sholat, sholatlah berjama’ah dengan khusyu’.
Dan ketika sholat sesungguhnya engkau sedang bermunajat dengan Rabbmu dan kamu berdiri dihadapan-Nya, maka hati – hatilah dengan bisikan syaithan, janganlah tertawa – tawa dihadapan Allah, hindari sibuknya hati kepada selain bermunajat dengan-Nya.
Jika telah selesai sholat wajib, maka sholatlah ba’diyah dan berdoalah kepada Allah dengan doa – doa yang mudah bagimu dan doa – doa kebaikan dan banyaklah minta ampun kepada Rabbmu serta mintalah kesuksesan kepada-Nya, sesungguhnya Dia adalah Maha Pemberi Rizki lagi Maha Mengetahui.

Jadi, semoga setelah hari ini kita akan lebih tawadhu' dan khusyuk dalam sholat. ajak teman lainnya untuk bersama mencari kunci surga.


Ikut andil pengembangan Majelis Ar-Raudhah dengan membeli buku
ads

Ditulis Oleh : rasit ridho Hari: 3:35 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment