Saturday, January 28, 2012

Manfaat dan keutamaan membaca surat Al Ikhlas


PAda kesempatan kali ini akan membahas tentang Faedah atau keutamaan surat Al ikhlas. al ikhlas merupakan surat ke 112 pada Alquran.  Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa Nabi muhammad pernah bersabda bahwa pahala membaca sekali surah Al-Ikhlas

Belanja online grosir eceran murah dan aman di Laku.com


sama dengan membaca sepertiga Al-Qur'an sehingga membaca 3 kali surah ini sama dengan mengkhatam Al-Qur'an. Kisah terkait hadits itu terekam dalam beberapa kisah. Seperti kisah ketika Nabi bertanya kepada sahabatnya untuk mengkhatam Al-Qur'an dalam semalam. 
Umar  menganggap mustahil hal itu, namun begitu Ali menyanggupinya. Umar kemudian menganggap Ali belum mengerti maksud Nabi karena masih muda. Ali kemudian membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali dan Nabi Muhammad membetulkan itu. Dalam hadits-hadits terkait hal ini, keutamaan surah Al-Ikhlas sangat memiliki peran dalam Al-Qur'an sehingga sekali membacanya sama dengan membaca sepertiga Al-Qur'an.
Riwayat Anas bin Malik juga merekam kisah berkaitan surah Al-Ikhlas yaitu dimana 70.000 malaikat diutus kepada seorang sahabat di Madinah yang meninggal hingga meredupkan cahaya matahari. 70.000 malaikat itu diutus hanya karena ia sering membaca surah ini. Dan karena banyaknya malaikat yang diutus, Anas bin Malik yang saat itu bersama Nabi Muhammad di Tabuk merasakan cahaya matahari redup tidak seperti biasannya dimana kemudian malaikat Jibril datang memberitakan kejadian yang sedang terjadi di Madinah.

Belanja online grosir eceran murah dan aman di Laku.com

Keutamaan lain al ikhlas
Dalam riwayat Ibnu Abbas disebutkan Nabi Muhammad ketika melakukan Isra' ke langit, melihat Arsy di atas 360.000 sendi dimana jarak antar sendi 300.000 tahun perjalanan. Pada tiap sendi terdapat padang Sahara sebanyak 12.000 dan luas tiap satu padang sahara itu adalah dari timur ke barat. Pada setiap padang Sahara itu juga terdapat 80.000 malaikat dimana setiap malaikat membaca surah Al-Ikhlas dan setelah membaca itu mereka berdoa agar pahala mereka diberikan kepada orang yang membaca al-Ikhlas, laki-laki maupun perempuan.
Selain itu Nabi Muhammad juga pernah berkata bahwa Qul Huwallahu Ahad (ayat 1) tertulis pada sayap Jibril, Allahus Shamad (ayat 2) pada sayap Mikail, Lam Yalid Walam Yuulad (ayat 3) pada sayap Izrail, dan Walam Yaqullahu Khufuwan Ahad (ayat 4) pada sayap Israfil. Dan yang membaca al-Ikhlas memperoleh pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Qur'an. Lalu berkaitan sahabat, Nabi pernah berkata bahwa Qul Huwallahu Ahad (ayat 1) tertulis pada dahi Abu Bakar, Allahus Shamad (ayat 2) pada dahi Umar, Lam Yalid Walam Yuulad (ayat 3) pada dahi Utsman, dan Walam Yaqullahu Khufuwan Ahad (ayat 4) pada dahi Ali.
Sedangkan hadits lain menyebutkan bahwa ketika orang membaca al-Ikhlas ketika sakit hingga ia meninggal, ia tidak membusuk dalam kubur dan akan dibawa malaikat dengan sayapnya melintasi Siratul Mustaqim menuju surga.
sekian postingan kali ini, semoga membawa manfaat bagi kita. dan mampu mendorong kita untuk terus beribadah pada kita.

Ikut andil pengembangan Majelis Ar-Raudhah dengan membeli buku
ads

Ditulis Oleh : rasit ridho Hari: 7:37 PM Kategori:

9 comments:

  1. Ya Alloh jadikanlah kami Hamba Mu yang Engkau rahmati dan Ampuni....saya menangis mendengar dan membaca ulasan artikel blog tentang Al iklas ini,semoga kita selalu dalam rahmat dam Ampunan Alloh s.wt Amin Ya Rabbal Alamin...salam

    ReplyDelete
  2. amin, semoga kita selalu dalam lindungan Nya dan selalu dijalanNya.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah gan, makasih komentarnya

    ReplyDelete
  4. AYO KITA SEBARKAN SEBANYAK-BANYAK NYA ARTIKEL INI KEPADA SELURUH KELUARGA DAN SAUDARA KITA, TEMAN-TEMAN, TETANGGA DAN SEMUA MASJID AGAR SEMUA UMAT ISLAM TAHU MANFAAT INI. SAYA SENDIRI BARU TAHU PADA KOTBAH SHOLAT IDUL FITRI 2012 TAHUN INI.

    ReplyDelete
  5. Allohu Akbar...Rata-Rata orang Nasrani dan Orang yahudi masuk Islam gara-gara membaca surat Al Ikhlas yg letaknya akhir sendiri di dalam tafsir Al Quran

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah semoga islam semakin jaya dan besar

    ReplyDelete
  7. Bagus sekali postingannya. Ilmu yang bagus untuk disebarkan

    ReplyDelete
  8. terima kasih, berbagi ilmu memang menyenangkan

    ReplyDelete