Tuesday, October 4, 2011

Keutamaan bersedekah

Sedekah merupakan suatu amalan yang intinya memberikan dari sebagian nikmat yang kita terima kepada orang lain.
hal ini dimaksudkan sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat yang tak terhingga dari saat kita bangun tidur sampai tidur lagi. begitu banyaknya sampai-sampai kita tak mungkin dapat menghitungnya. seperti yang tertera dalam hadits " lainsyakartum laadzidannakum wa lainkafartum inna adzabi lasyadid".yang kurang lebih artinya "Barang siapa mensyukuri nikmatKu maka akan Ku tambah,namun bila ingkar sungguh azabKU sangat pedih"

selain itu dengan bersedekah tidak akan membuat seseorang menjadi berkurang kekayaannya seperti janji Allah jika sedekah itu diibaratkan benih padi,maka benih itu akan tumbuh menjadi padi yang mempunyai 7 cabang dan dalam setiap cabang tersebut mempunyai masing-masing 100 bulir padi. 


maka jelaslah sudah bahwa dengan sedekah,harta seseorang tidak akan berkurang namun justru akan bertambah berlipat-lipat.
Hadits tentang keutamaan bersedekah ialah ;
“Dari Aisyah ra. Bahwasanya sebagian isteri Nabi saw. Bertanya kepada Nabi saw. : “Siapakah yang paling segera menyusul engkau?” Beliau menjawab : “Orang yang paling panjang tangannya di antaramu.” Lalu mereka mengambil bambu yang mereka (pergunakan) untuk mengukur hasta mereka, ternyatalah Saudah lah yang tangannya paling panjang. Kemudian kami mengetahui bahwa maksud tangannya panjang adalah sedekah. Dan memang Saudah lah orang yang paling dahulu menyusul beliau, dan ia senang bersedekah.” (HR: Bukhari).


“Dari Asma’ ra., ia berkata : Nabi saw. Bersabda kepadaku : “Janganlah kamu menghalangi sedekah sehingga kamu dihalangi rizkimu.” (HR: Bukhari)


Dengan begitu besarnya manfaat sedekah,masihkah kita berpikir dua kali untuk sedekah???

Ikut andil pengembangan Majelis Ar-Raudhah dengan membeli buku
ads

Ditulis Oleh : rasit ridho Hari: 7:24 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment